Pages

Monday 9 February 2015

Jalan Ke Curug Lawe Semarang

C360_2013-10-15-21-28-44-924
Tahu arti dari kata “curug”? Ya, curug yang berarti air terjun ini adalah sebuah fenomena alam yang membuat kita bersyukur akan kebesaran-Nya. Jawa Tengah memang dianugrahi banyak curug sebagai tempat wisata, salah satunya adalah Curug Lawe.
Curug Lawe berada di desa Kalisidi di Ungaran Barat, 38 km dari Kota Semarang. Air terjun yang bersumber dari Gunung Ungaran ini akan membuat pengalaman liburan anda berbeda. Adanya perkebunan cengkih yang dikelola dengan baik dan puncak air terjun yang tingginya kurang lebih 30 meter ini membuat Curug Lawe semakin istimewa.

Tidak sulit untuk menuju ke Curug Lawe, anda bisa melewati jalan raya Gunung Pati yang akan membawa anda ke arah Desa Kalisidi. Kalau dari Unnes, kita ambil arah ungaran, sampai dengan pertigaan ambil arah Gunungpati terus bisa belokm kiri arah kalisidi. Jangan khawatir karena sepanjang jalan terdapat pentunjuk arah menuju Curug lawe. Dari jalan raya, dibutuhkan waktu 20 menit untuk mencapai gerbang curug. Sebelum masuk, anda perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp 4.000 untuk satu orang.
Karena Curug Lawe berada di jalur pendakian gunung ungaran, anda akan melewati jalan yang bervariasi mulai dari aliran sungai, jembatan kayu, hingga menyeberang ke sungai. Nah, Setelah menyebrai sungai, selanjutnya anda akan melewati jalan setapak dan hanya perlu mengikuti petunjuk arah saja untuk menuju Curug Lawe.
Kurang lebih perjalanan menempuh waktu 45 menit untuk sampai ke tujuan. Curug Lawe berada dalam tebing yang melingkar. Pemandangannya sangat eksotis, apalagi ditambah debit air terjun yang cukup deras. Rasa lelah yang anda rasakan saat menuju Curug lawe, hilang seketika setalah anada melihat dasyatnya Curug Lawe.
Publikasi dan eksplorasi sangat dibutuhkan untuk menjaga dan merawat anugrah Tuhan ini, karena begitu potensial dan nilai akan pentingnya air terjun ini karena bagaimanapun Curug Lawe sudah menjadi urat nadi bagi warga sekitar.