Pages

Wednesday 18 February 2015

Gudeg Uenak Yogyakarta




Bila New York sering disebut sebagai "Big Apple" dan Jakarta sebagai "Big Durian", maka Jogja mungkin bisa disebut "Big Jackfruit" (=Nangka Raksasa) karena kuliner gudegnya yang begitu populer. Masakan lezat berbahan baku nangka muda ini seolah menjadi makanan wajib bagi siapa saja yang sedang berkunjung ke surga wisata di Pulau Jawa ini. Gori (nangka muda) yang bergetah dibersihkan sedemikian rupa kemudian dimasak dalam kuah santan bersama bumbu dan rempah-rempah selama berjam-jam. Setelah matang, gorimenjadi empuk dan agak manis. Gudeg biasanya disajikan bersama sambal goreng krecek (kulit sapi) pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem. Sebagai sentuhan akhir, gudeg disiram areh gurih yang memberikan cita rasa khas yang tidak ada duanya. Nyam-nyam...


GUDEG KERING, DAN GUDEG BASAH


Mungkin bagi kebanyakan orang, gudeg adalah gudeg. Namun sebenarnya ada 3 jenis gudeg yang berbeda; gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Gudeg basah disajikan dengan kuah santan nyemek yang gurih dan banyak diburu untuk menu sarapan pagi. Gudeg jenis ini dapat ditemukan di sepanjang Jalan Kaliurang kawasan Barek, Gudeg Batas Kota (Jl. Adisucipto depan Saphir Square) atau mbok-mbok penjual gudeg di pasar-pasar tradisional.

Gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan. Rasanya juga lebih manis. Gudeg jenis ini bisa tahan hingga 24 jam atau bahkan lebih jika dimasukkan ke dalam lemari es sehingga banyak diburu orang sebagai oleh-oleh. Biasanya penjual mengemasnya dalam kardus, besek (kardus dari anyaman bambu) atau kendil tanah liat.





MEMBUAT GUDEG SENDIRI

Mau coba buat gudeg sendiri, berikut resepnya.

==================
Bahan Gudeg Eunak :
==================
1/2 kg nangka muda
1/2 liter santan kental
1/2 liter santan encer
1/4 kg gula merah
4 lembar daun salam
2 lembar daun jati
2 ruas lengkuas
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan garam
4 telur bacem , atau bisa gunakan telur rebus
3 lembar tempe dan tahu bacem
============
Bumbu Halus :
============
6 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1/2 sendok makan ketumbar
5 butir kemiri, yang sudah di sangrai

========================
Cara Membuat Gudeg Enak :
========================

  1. Pertama-tama rebus telur nya terlebih dahulu dan buat seperti telur bacem maupun di buat telur rebus biasa juga bisa.
  2. Cuci dan bersihkan buah nangkanya setelah itu potong buah nagka kecil-kecil namun agak kasar sesuaikan selera.
  3. Siapkan panci kemudian alasi dengan daun jati. masukkan nangka, telur rebus, gula merah, gula pasir, santan encer, lengkuas dan daun salam secara bergantian.
  4. Haluskan semua bumbu halus kemudian langsung masukkan ke dalam panci dan tambahkan santan kental ke dalam panci, aduk-aduk hingga tercampur.
  5. Masak gudeg menggunakan api kecil selama 3-4 jam sambil di lihat dan di aduk-aduk terus. (untuk hasil yang enak dan warna yang lebih pekat biasanya gudeg di simpan semalaman 1 hari hingga 3 hari kemudian di masak lagi dan baru di santap).
  6. Hidangkan gudeg bersamaan dengan telur bacem (jika tak menggunakan telur rebus), tempe bacem dan tahu bacem.

No comments:

Post a Comment